Monday, August 31, 2009

Honda dan Yamaha Bikin Motor Hybrid

Monday, August 31, 2009

TOKYO - Maraknya kendaraan ramah lingkungan ternyata bikin gerah produsen roda dua Jepang, Honda dan Yamaha. Keduanya pun berniat memproduksi motor hybrid.

Yang menarik, bukan masing-masing menghadirkan satu varian hybrid untuk menyaingi lainnya, melainkan kedua pabrikan motor ini akan bekerja sama.

Ya, begitulah kabar santer yang terhembus di Eropa. Seperti dilansir Topspeed, Sabtu (29/8/2009), Honda dan Yamaha akan bahu membahu membangun motor hybrid pertama.

Dari gambar yang beredar, sosoknya seperti skuter matik (skutik). Hanya saja roda dua yang mampu melesat 20 bhp ini dilengkapi motor listrik.

Mesin utamanya sendiri rencananya dipilih menggunakan kapasitas 250 cc. Sebuah sistem digunakan agar mesin tersebut mampu menggerakkan roda belakang yang nantinya akan memasok listrik ke baterai melalui teknologi ECU.

"Dengan kemmapuan itu kami pikir tenaganya akan lebih dari 20 bhp," tulis situs tersebut.

Sampai saat ini belum ada spesifikasi lebih rinci perihal proyek Honda dan Yamaha ini


Velg Ringan dan Sokbreker Gas buat Motor


Mau ganti velg motor yang ringan, kini itu sudah tersedia. Ada juga sokbreker motor. Menariknya, untuk penyetelan perangkat ini tak membutuhkan kunci. Lantas, di mana konsumen bisa mendapatkannya? 

Untuk velg motor, perangkat tersebut terbuat dari bahan aluminium alloy dengan model jari-jari. "Ringan, tapi kuat. Jika diberi tekanan sampai turun 5 cm, yang patah bukan pada sambungan, tapi bagian lain," ujar Felix Ardianto, Marketing PT Tiga Sakti Adhimulia di Kelapa Gading, Jakarta Utara. 

Mereknya, Takasago Excel, bikinan Malaysia. Menurut Felix, kualitas terjamin karena pengawasan kualitas produk dari Jepang. Ukuran tersedia, ring 17 dengan lebar dari 1,20 sampai 2,15 inci. Satu lagi, ring 14 dengan lebar 1,40 sampai 2,15 inci. Harganya, mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 450.000. 

Untuk mendapatkannya, sambangi New Gaya Motor di Jl Otista Raya No 47, Jakarta Timur. Telp. 021-8510717. 

Untuk sokbreker, merek YSS untuk Yamaha Mio dan Honda Vario. Ada tuas untuk menyetel tingkat kekerasan dan ketinggian. Pada tuas tersebut terdapat tanda + dan - untuk mengaturnya. Juga terdapat rebound adjuster, tinggal putar setelan yang posisinya di bagian bawah. 

Menariknya, perangkat ini punya 3 tingkat kekerasan kompresi gas, yakni S (soft), M (medium), dan H (hard). Teknologi baru ini bisa diperoleh di Mitra2000 (021-6930777) dengan banderol Rp 8,2 juta.

Sunday, August 30, 2009

Nissan Navara Bergaya American Style

Sunday, August 30, 2009

Mengubah tampilan mobil Jepang menjadi bergaya American style bukan pekerjaan gampang. Masalahnya, dari sisi karakter, bentuk dan desain antara wajah Asia dan Negeri Paman Sam sangat beda. 

Tapi, keinginan Dimas Arki Jatipratama mengubah tampilan Nissan Navara TDCi 2009 miliknya bertampang DUB ala American style sudah bulat. Alasannya, ia ingin beda tampilan dari kebanyakan modif double cabin yang marak dengan model city slicker. 

Pewujudan ambisinya dilakukan pada bagian detail untuk memperoleh hasil yang baik. Seperti bagian depan, bagian ini diubah beraroma muscle ala Amerika. "Gril dan bumper dibuat ulang plus ditambahkan jaring-jaring kawat," ungkap Opic dari Lm&T, pihak yang diserahi tugas bagian bodi. 

Perubahan pada bumper tampak pada penyiasatan ornamen jaring serupa dengan gril pada mud-guard. Tampilan dipermanis dengan penyematan cover fog lamp custom. 

Ciri kental model DUB tampak pada pemakaian velg ukuran 24 inci dari MHT dengan desain palang lima. Agar kesan muscle kian kuat, bumper belakang dilabur hitam. 

Karena menggunakan ban super-lebar, jadi enggak lucu kalau suspensi enggak ikut dibenahi, apalagi Navara memiliki struktur kaki-kaki yang tinggi, sulit kalau mau dibikin ceper. 

"Suspensi harus benar-benar di-custom semua," ungkap Dimas. Untuk mendekatkan ground clearance ke tanah, sistem per daun bagian belakang dicampur dengan punya Toyota Kijang. "Batang per dibalik jadi ke bawah gardan," bilang Dimas. 

Dengan per dibalik, meski dipres, buritan benar-benar terlihat ceper. Perubahan termasuk ke bagian damper penahan benturan, yang asli punya mobil diganti dengan karet yang lebih tipis

HONDA KELUARKAN SKUTIK TERANYAR, HONDA VARIO CBS TECHNO..




Skutik Vario Techno merupakan andalan terbaru Honda untuk memperkuat line-up Honda bersaing dengan kompetitor utamanya, yaitu Yamaha, yang mengandalkan Mio. Di segmen ini, Mio telah menjadi generik untuk skuter otomatik di Indonesia.

“Kami akui itu. Konsumen kalau mencari skutik Honda menyebutnya, Mio Honda,” cerita Sigit Kumala, Senior General Manager Pemasaran dan Pengembangan Produk dari Astra Honda Motor (AHM) setelah event peluncuran Varia Techno plus dua skutik Honda lain dengan penampilan yang disegarkan, yaitu Vario Absolut Matic dan Beat.
Harga. Penampilan Vario Techno cukup menarik dan lebih dinamis dibandingkan dengan saudara dekatnya, Vario Absolut Matic. Namun, yang masih dikeluhkan wartawan saat peluncuran adalah harganya yang terlampau mahal, Rp 15.500.000.
 
Sampai muncul pertanyaan, “Kalau begini tak mungkin Honda mengalahkan Yamaha di segmen skutik.”

Kendati demikian, AHM punya alasan sendiri. “Harga tersebut karena adanya tambahan teknologi terbaru pada Vario ini, yaitu combi brake,” ujar Julius Aslan, Direktur Pemasaran AHM, dan kemudian diperkuat oleh Presdirnya, Miki Yamamoto.

Selain penampilan, Vario Techno mengandalkan combi brake, yaitu teknologi yang memudahkan pengendara mengoperasikan rem dengan kinerja yang lebih baik. Hanya dengan menarik tuas rem belakang (kiri) lebih dalam, maka kedua rem pada roda, depan dan belakang, akan beroperasi secara bersamaan. Kendati demikian, skutik ini tetap dilengkapi dengan rem depan yang dioperasikan oleh tuas berada di sisi kanan. Kedua rem bisa diaktifkan secara bersamaan.

Nah, pada skutik Honda lainnya, baik Vario lama yang sekarang menjadi Vario Absolut Matic dan Beat, combi brake tidak ada. Perbedaan harga antara Vario Absolut Matic dengan Techno mencapai Rp 650.000.
Penampilan. Untuk mesin, tidak ada perubahan atau perbedaannya dengan Vario Absolut. Bahkan dimensi pun tidak berbeda jauh (lihat tabel spesifikasi). Namun, yang pasti, dari depan, perubahan yang cukup mencolok adalah tameng atau tudung depan plus lampu besar, penempatan lampu sein dan tameng samping depan.

Seperti sebelumnya, Vario Techno juga menggunakan dua lampu depan. Namun, modelnya berbeda. Lampu Techno lebih sipit. Honda menyebutnya dengan “dual keen-eyes headlight”. Lampu sein berada di atas lampu besar. Di atas lampu besar dibentuk tameng dengan bentuk mirip dengan paruh buruh. Desain tameng samping depan juga berbeda.
Belakang. Lampu belakang menyatu dengan bodi, desain tajam seperti ekor itik untuk memberi kesan sporty. Lampu menggunakan tutup transparan sehingga bola lampu di dalamnya kelihatan.

Panel instrumen atau indikator baru dan dilengkapi dengan indikator lampu sein buat kanan dan kiri. Ukuran lebih besar dan di depan tengah diberi pelindung.

Juga ada tambahan pengaman pada kunci kontak, yaitu magnet otomatik yang disebut juga “auto secure key shutter”. Tutupnya dilengkapi dengan penerangan dari fosfor agar mudah melihatnya di kegelapan.  

Friday, August 28, 2009

FZ150 di jual tahun 2010 ? Konsumen harus sabar !

Friday, August 28, 2009


                FZ 150 di sebuah ajang pameran … memang lebih elegan dibanding V-Ixion


Yamaha FZ150 diperkirakan lebih laku dibanding V-Ixion

Dengan prakiraan bandrol dibawah angka 19 juta plus teknologi yang lebih “biasa” alias konvensional (menggunakan karburator dan Air Cooled) plus tampang lebih gagah dibanding V-Ixion, FZ 150 seharusnya dan sudah bisa diperkirakan akan lebih laris dibanding V-Ixion. Tetapi isu santer yang terdengar FZ150 baru akan di jual YMKI pada tahun 2010.
Hal ini mungkin disebabkan persiapan agar ketidak mampuan YMKI memenuhi permintaan V-Ixion tidak terulang lagi pada FZ150 ataupun menambah rasa penasaran konsumen terhadap FZ150. Kendati faktor elemen of surpize kehadiran FZ 150 bisa dibilang sudah mulai sedikit berkurang! Benarkah? Kalo begitu konsumen mesti sabar …

YAMAHA MELUNCURKAN MOTOR SPORT TERBARU SETELAH LEBARAN!!


Bagi penyuka motor jenis sport, Yamaha bakal meluncurkan produk anyarnya. Ini bukan sekadar gosip karena sosoknya tertangkap lensa kru MOTOR Plus saat melakukan turing. Motor berlambang garpu tala yang baru itu berkapasitas 153 cc dan sedang dalam proses uji jalan. 

Dari tampilan yang muscle sport touring, motor ini mirip Yamaha FZ16 yang diluncurkan September lalu di India oleh Yamaha Motor Pvt Ltd India. Lampu depan telanjang, plus desain knalpot ala moge. Dipadu dengan lekukan pada bodi dan sasis, hal itu mempertegasnya sebagai motor sport yang macho. 

Konon, motor ini diluncurkan setelah Lebaran untuk mengisi line-up jenis sport Yamaha di kelas low end di bawah V-ixion. (MOTOR Plus)
Jadi bersiaplah-siaplah menabung mulai dari sekarang siapkan angpo lebaran sebanyak-banyaknya untuk membeli motor sport Yamaha keluaran terbaru ini. Jangan sampai ketinggalan tunggu kedatanganya di dealer-dealer Yamaha terdekat ANDA..

BARU DIRILIS AWAL TAHUN DI EROPA, DI INDONESIA STREET FIGHTER SUDAH LAKU 5 UNIT... LUAR BIASA!!!


Ducati Street Fighter sebenarnya “cuma” Superbike 1098 ditelanjangi !

Berbeda dari tradisi Ducati Sebelumnya, Biasanya Flagship varian StreetFighter Ducati menggunakan sasis Monster yang di persenjatai mesin Superbike. Seperti Monster S4 (bermesin 916) S4R (bermesin 996) hingga S4Rs (Bermesin 999) hanya saja meleset dari perkiraan, ternyata Ducati memproduksi varian Street Fighter terbarunya yang diberi nama “StreetFighter” malah berbasis Superbike bukan monster. Karena Streetfighter sendiri adalah Superbike 1098 yang dicopot fairingnya kemudian mengalami sedikit perombakan kosmetik semisal headlamp, Kenalpot samping dan stang dari Monster 696. Selebihnya ya tetap saja Superbike 1098. Oh ya keunggulan varian Street Fighter S ini adalah motor ini memiliki Active traction control layaknya yang ada di motoGP dan WSBK. Nggak heran Motor ini memiliki Tenaga 155 hp dan torsi 120 nm. Untuk urusan manufer meski tidak seekstim superbike pada umumnya namun tetap saja tidak bisa disaingi oleh motor Streetfighter – naked bike lainya. Lah wong ini sebenarnya Superbike kok!


Motor Seharga 400 juta an Otr ini laris bak kacang goreng

Memang luar biase effort dan komitment Ducati indonesia dalam menghadirkan berbagai line up produk Ducati. Setelah mendatangkan beberapa unit Desmosedici RR berhaga 1.5 milliar, komitment ini kembali dibuktikan dengan kehadiran Ducati StreetFighter dan Street FighterS. Motor yang baru dirilis awal tahun 2009 ini ternyata sudah laku 5 unit. Dan ini belum termasuk antrian inden beberapa motor Streetfighter lainnya! Padahal motor yang dibandrol 400 juta (varian standar) dan 430 juta (varian S dengan traction control + suspensi ohlins). Padahal ini baru bulan pertama Streetfighter di rilis di indonesia. Indobikers sendiri memperkirakan Streetfighter akan terjual lebih dari 12 unit pertahunnya. Meskipun sepertinya konsumenya masih bisa dikategorikan L4 (lu lagi lu lagi).


Honda CBR 150 R, Amunisi Terbaru AHM ?


Serangan Sporadis AHM atas Kompetitornya

Rasanya setelah melakukan serangan sporadis terhadap Yamaha melalui produk “indegineus” Honda CS1, dan mengganggu dominasi Mio dengan Honda Beatnya sekarang giliran pasaran light sport bike yang di serbu oleh AHM. Tetapi rasanya bila memang benar, Rasanya hal ini amat mungkin mengingat amunisi yang satu ini terbukti manjur bahkan dengan harga yang relatif cukup mahal.

Honda CBR 150R, Muka Lama Harga Baru, OK deh!

Sejauh ini Honda CBR 150R memang laris manis melalui tangan Importir umum, padahal harganya sendiri dibanrol diatas 30 jutaan. Mungkin yang akan dilakukan AHM adalah melakukan Face lift dengan menggunakan headlamp CBR 125R yang plek mirip Honda CBR 600R tahun 2003-2006. Karena CKD dijamin moto ini akan dibandrol dibawah 30 jutaan. Mungkin dengan bandrol 25 jutaan pun motor ini dapat menggoyahkan hati para konsumen calon pembeli V-Ixion ataupun Kawasaki Ninja 150RR.

Thursday, August 27, 2009

GEBRAKAN EKONOMIS YAMAHA MOTOR SPORT 2009

Thursday, August 27, 2009


Ya kalau selama 2008 ini Yamaha Indonesia dianggap mati suri, tidak mengeluarkan satu terobosanpun pada produk baru (mio gak bener-bener baru) maka bolehlah hati kita sebagai penggemar motor (baru) di Indonesia akan segera terobati di tahun depan dengan adanya persiapan baru Yamaha untuk bangkit di kancah Sport Bike kategory dengan New Model Sport 150cc.

Lho kok sport 150cc, apa gak akan kanibal dengan V-ixion ?

Ini mungkin akan jadi pertanyaan di benak para pemerhati sepeda motor di Indonesia. Ya bukan?

Jawabnya, tidak akan. karena V-ixion sendiri sudah terlalu sukses bahkan untuk menggoncang jawara premium Honda ; Honda Tiger series. Karena hal ini, dengan segala dukungan maka YMKI selaku pihak pemasaran resmi YMC Jepang akan melakukan Upping Value pada New V-ixion agar semakin menohok Honda Tiger Series. Lalu kalau valuenya dinaikin, tentu saja akan ada revisi pricing, yang ujung dari keduanya adalah segment yang semakin premium.

Untuk itulah dibutuhkan kehadiran motor yang akan mengisi celah yang semakin membesar akibat ditinggalkan oleh V-ixion yang lama. Yamaha Motor Kencana Indonesia mengincar motor sport berperforma yahud, murah, dan macho. diharapkan User Friendly like the legendary RX-King tapi dengan mesin 4 tak modern. Tidak salah lagi bila basic mesin tegak 150cc SOHC 4 katup berpendingin udara yang dipilih. Pendingin udara masih cukup effisien untuk mesin berkarakter high torque in low RPM. maka akselerasi bakalan yang menjadi menu utama motor baru ini. Perawatan akan mudah dan user friendly ala Indonesia. Bisa dengan mudah top speed digali hanya berbekal tune up oleh bengkel konvensional yang tersebar di seluruh penjuru nusantara. Paket yang siiiiiip Bukan?

 
OTOMOTIF PLUS © 2008. Design by Pocket | Karjat Resorts